Senin, 02 September 2013

Ilmu Ekonomi ( IE ) FEB UGM

Banyak orang yang bertanya apa itu Ilmu Ekonomi (IE) ? apa kelebihan yang dimiliki dibandingkan dengan jurusan manejemen dan akuntansi ? apa yang akan dipelajari di IE ? lalu Bagaimana prospek pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan Jurusan IE ? melalui tulisan ini penulis akan menjabarkan sedikit informasi mengenai program studi ini, sehingga dapat menjadi refrensi kepada calon mahasiswa agar tidak salah ambil jurusan.



Jurusan Ilmu Ekonomi (Economics Department) adalah satu dari 3 jurusan yang ada di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM). Ilmu ekonomi mempelajari bagaimana masyarakat mengambil keputusan dalam mengalokasilkan sumberdayanya yang terbatas. Mahasiswa akan diberikan wawasan mengenai isu-isu yang berkaitan dengan pembangunan sosial dan ekonomi di negara berkembang, yang akan mengembangkan mahasiswanya menjadi seorang pengambil keputusan yang lebih baik baik di dunia bisnis maupun untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Jika anda berhasil menyelesaikan pendidikan di program studi ini maka kompetensi utama yang akan anda miliki diantaranya adalah:
1.      Kondisi untuk tercapainya efisiensi dalam alokasi sumber daya.
2.      Teori pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, distribusi pendapatan dan perdagangan internasional.
3.      Beberapa bidang khusus ilmu ekonomi, seperti ekonomika pembangunan, moneter, internasional, sumber daya alam, sumber daya manusia, sektor publik, pertanian.
4.      Karakteristik institusi di Indonesia dan negara berkembang pada umumnya yang berbeda dengan negara maju.
5.      Adanya keterkaitan yang erat antara keberhasilan ekonomi dengan konstelasi politik, hukum dan sosial.
6.      Menggunakan berbagai metode kuantitatif dalam analisis ekonomi (statistika, ekonometrika, dsb).

Skill yang harus dimiliki oleh mahasiswa lulusan IE FEB :
1.      Lulusan memiliki kemampuan dan keahlian untuk:
2.      Menerapkan alat-alat dalam teori ekonomi mikro dan makro untuk memecahkan permasalahan ekonomi.
3.      Mengikuti perdebatan-perdebatan dalam teori ekonomi, untuk membedakan antara alasan yang sound dan yang fallacious, dan memahami bagaimana perbedaan-perbedaan dalam economic prescriptions mungkin timbul.
4.      Mengkomunikasikan alasan-alasan ekonomi ke dalam tulisan dan lisan dan mengerti tulisan dan pendapat sejenis yang dilakukan oleh orang lain.
5.      Memiliki kemampuan khusus dalam ekonomika pembangunan, ekonomika bisnis, ekonomika moneter, ekonomika publik, atau ekonomika internasional.

Selain skill dan kemampuan dalam pemahaman materi mahasiswa lulusan harus memeliki beberapa sikap yang diperlukan untuk menunjang jenjang karir mereka, antara lain :
1.      Menghargai kemajemukan pandangan yang mungkin muncul mengenai permasalahan-permasalahan ekonomi.
2.      Percaya diri dalam mengungkapkan pendapat yang berdasar atas pengetahuan dan inisiatif.
3.      Tekun dalam bekerja dan ulet dalam menghadapi masalah.

Apa yang berbeda dengan Jurusan Akuntansi atau Manajemen? Kedua jurusan ini jelas tidak mempelajari tentang isu-isu ekonomi negara. Dan yang lebih penting lagi, kedua jurusan ini tidak mempelajari tentang efisiensi alokasi sumberdaya masyarakat secara keseluruhan. Yang dipelajari lebih pada keputusan yang dibuat oleh individu perusahaan dan efeknya pada (profitabilitas) perusahaan. Apakah keputusan perusahaan ini memiliki dampak pada kesejahteraan masyarakat atau tidak dievaluasi oleh Jurusan Akuntansi dan Manajemen. Karena jurusan ilmu ekonomi mengajarkan analisis makro, maka kemampuan abstrak logis sangat menentukan. Ilmu ekonomi tidak sepraktis ilmu yang dipelajari di Jurusan Akuntansi dan Manajemen.
Untuk berkuliah di IE UGM, teman-teman cukup menyelesaikan 104 SKS wajib dan 42 SKS pilihan. Dengan SKS sejumlah itu, kalian akan mempelajari ilmu ekonomi dan analisis ekonomi yang relevan dalam pengambilan keputusan di negara sedang berkembang. Tujuannya, agar lulusan IESP menguasai ilmu ekonomi modern dan mampu mengaplikasikannya pada perekonomian Indonesia dan dunia internasional.
Secara khusus, beberapa minat studi pilihan ditawarkan kepada mahasiswa, yaitu Ekonomika Publik, Ekonomika Moneter, Ekonomika Internasional, Ekonomika Pembangunan, serta pengembangan minat studi yang relatif baru, yaitu Ekonomika Bisnis. Pasti bayangan kalian masih gelap tentang nama-nama bidang itu. Wajar saja, karena kalian belum pernah mempelajarinya secara mendalam di sekolah. Namun ada sedikit gambaran sekilas tentangnya. Yang pertama, Ekonomika Publik (EP) merupakan ilmu yang membicarakan fungsi pemerintah secara mikro dalam sistem perekonomian yang tercermin dalam kebijaksanaan APBN. Lalu Ekonomika Moneter (EM) mempelajari tentang sifat, fungsi, serta pengaruh uang terhadap kegiatan ekonomi. Selanjutnya, Ekonomika Internasional (EI) ialah bidang yang membicarakan tentang pasar internasional melalui perdagangan barang dan jasa antarnegara, serta aliran modal internasional. Keempat yaitu Ekonomika Pembangunan (EPE), mengulas perkembangan negara-negara baru pasca-Perang Dunia II, sehingga analisis jitu atas kondisi ekonomi negara-negara tersebut dibandingkan dengan negara-negara maju dapat dilakukan. Terakhir, Ekonomika Bisnis (EB) adalah bidang yang berfokus pada hakikat bisnis publik maupun swasta dan kebijakan untuk mendorong proses pembangunan.
 
Core and Field
Untuk urusan staff pengajar atau dosen, tidak perlu diragukan lagi, jurusan ini didukung oleh tenaga-tenaga pengajar profesional. Sekilas tentang mereka mungkin bisa dijadikan gambaran. Jurusan IE FEB UGM memiliki 54 staf pengajar. Mayoritas dosen telah menempuh pendidikan pasca sarjananya di luar negeri (termasuk memperoleh beasiswa sekolah S3), seperti University of Philippines, University of Colorado, University of Pennsylvania, dan Melbourne University. Rincian persentasenya ialah lulusan S3 sebesar 48,15%, S2 sebesar 40,7%.
Jadi, karir apa yang cocok untuk alumni Jurusan Ilmu Ekonomi? Karena kita mempelajari pemikiran dasar dalam ilmu ekonomi dan analisis, maka profesi yang terkait dengan analisis ekonomi secara umum adalah yang paling tepat, lulusan program studi Ilmu Ekonomi FEB UGM memiliki prospek kerja di berbagai instansi pemerintahan dan lembaga negara (BPK, Bappenas), Bank Indonesia, Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian, sebagai perencana pertama, asisten peneliti, asisten analis kebijakan, ekonom pendidik (mengajar ilmu ekonomi sebagai guru atau asisten dosen), analis data, analis pasar, analis bisnis dan keuangan, pengusaha, serta profesi lain yang relevan dengan bidang pengetahuan dan keahlian ilmu ekonomi seperti ekonomi syariah, ekonomi lingkungan, ekonomi kesehatan, dan ekonomi kependudukan. Dengan demikian sumber daya insani tersebut mampu bekerja di organisasi publik, swasta, atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta memiliki kemampuan untuk melanjutkan studi Ilmu Ekonomi dan/atau lainnya ke strata yang lebih tinggi. Lulusan prodi ini juga dapat bekerja di sektor swasta dan BUMN, terutama perbankan dan sektor keuangan lainnya.

“ Seiring dengan perkembangan zaman yang kian pesat dan tak terduga, hampir setiap institusi membutuhkan tenaga researh and development. Jurusan Ilmu Ekonomi (IE) UGM menyiapkan tenaga-tenaga handal tersebut. ”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar