Senin, 12 Desember 2011

Goes to TN...

Tips untuk Menuju ke SMA Terbaik di Indonesia




Tips 1 : Belajarlah dengan giat seluruh meteri UAN.
Itu modal awal, karena percayalah. Tes yang paling banyak menggugurkan calon siswa SMA TN adalah tes Akademik. Jika kalian sudah lolos tes akademik, Insya Allah kalian akan mudah untuk melewati tes selanjutnya yaitu tes Kesehatan, Psikologi dan wawancara. Asalkan kalian memang tidak punya penyakit dalam, buta warna atau cacat fisik lainnya.

Tips 2 : Persiapkan mental kalian sekuat baja.
Karena saat kalian masuk ke SMA Taruna Nusantara. Kalian akan menjalani masa PDK (Pendidikan Dasar Kepemimpinan) selama 3 bulan lamanya. Dalam PDK kalian akan diperkenalkan bagaimana cara hidup di SMA TN. 3 bulan awal inilah, langkah awal kalian meniti masa depan kalian. Tidak hanya selama di SMA TN, tapi untuk selamanya, selama hayat masih dikandung badan. Slogan PDK, "3 Bulan PDK untuk 3 tahun di SMA Taruna Nusantara, 3 tahun di SMA TN untuk bekal hidup selamanya." Selain itu, persiapan mental juga berguna agar kalian tidak kaget, karena jauh dari orang tua, teman SMP dan lingkungan yang kalian kenal selama 15 tahun kalian hidup. Kalian akan benar-benar hidup di lingkungan yang baru. Lingkungan SMA TN 24 jam setiap hari dalam 3 tahun.

Tips 3 : Persiapan fisik tidak usah terlalu berlebih. Memang SMA TN mengedepankan 3 aspek yaitu aspek Intelektual, Kepribadian dan Kesamaptaan Jasmani. Tapi tidak usah terlalu takut nanti akan begini-begitu di SMA TN. Percayalah akan sistem pembelajaran di SMA TN sudah sangat baik. Tidak mungkin siswa baru langsung disuruh lari track 7 putaran. It's amazing kali ya... haha^^. Pasti step by step, dan kalau memang badan kalian sehat. InsyaAllah kalian bisa melewati seluruh kegiatan fisik di SMA TN.

Tips 4 : Banyak berdoa dan minta doa restu.
Doa kita sendiri tidaklah cukup. Bayangkan, kalian akan bersaing dengan teman kalian yang memiliki berbagai kelebihan dari seluruh pelosok Indonesia. Maka kencangkan doa, jika bertemu teman, sanak saudara, tetangga, mintalah doa darinya. Doa akan membuat kita semakin percaya diri nantinya.

Tips 5 : Bangunlah mentalmu dari sekarang.
Saat kalian masuk di SMA TN. Kalian akan menemukan 999 orang dari seluruh pelosok negeri. Dan yang pasti mereka akan berbeda satu dengan yang lain. Jujur, tak semua penghuni SMA TN itu normatif, pasti ada oknum-oknum kurang baik alias "Error" kalo bahasa anak TN. Oleh karena itu, jangan kaget jika menemui yang seperti itu. Tapi ambil hikmahnya, sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat mengambil hikmah dari berbagai kejadian. Perkuat benteng diri dari pengaruh negatif sebagai siswa SMA TN.

Mau tahu apa aja keuntungan jika kamu terpilih menjadi siswa SMA Taruna Nusantara. Sungguh sangat banyak keuntungan yang akan kalian terima jika kalian benar-benar terpilih menjadi siswa SMA Taruna Nusantara. Saya sebutkan yang menurut saya takkan kalian dapat jika kalian masuk SMA lain selain TN.

Mendapatkan keluarga baru. Jika kalian masuk SMA TN kalian akan bertemu dengan orang baru, sahabat baru, lingkungan baru. Tahukan kalian keluarga baru ini tak hanya akan bertahan saat kalian menjadi siswa SMA TN. Tapi keluarga ini adalah untuk selamanya. Contohnya saat kalian bertemu abang angkatan satu yang telah berumur 40 tahun kita akan tetap memenggil beliau dengan sebutan Abang. Bukan Pak atau Om atau Pakde dan lain sebagainya. Walaupun kita tak pernah ketemu para alumni dari angkatan awal akan terus mencari kita. Percayalah mereka pasti sangat rindu dan akan bertanya bagaimana keadaan SMA TN sekarang. Saya masih kelas 3 jadi belum merasakan gimana kangennya. hehe^^ (walaupun bentar lagi udah lulus). Oh iya, untuk menjamin ikatan alumni tetap kuat maka dibuatlah sebuah organisasi alumni SMA TN, yaitu IKASTARA (Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara).

Mendapatkan pamong terbaik dari seluruh Indonesia. Tak hanya siswa, pamong juga akan diseleksi layaknya siswa, mulai tes akademik, kesehatan, wawancara, psikologi semua sama. Jadi pamong SMA TN bukan pamong sembarangan. Mereka telah terpilih dan yang terbaik tentunya yang akan terpilih.
Beribu pengalaman yang tak pernah terbayangkan. Jujur, saya ini orang kampung dari kabupaten kecil yang mungkin nggak semua orang tahu. Tapi inilah saya. Hehe^^. Saya tak pernah membayangkan saat saya SMA saya akan bertemu seorang Menteri di hadapan saya, saya tak pernah mambayangkan akan bisa merasakan bagaimana rasanya duduk di kursi tempat para anggota dewan rapat.

Mendapat wawasan Nasional. Saat kalian menjadi siswa SMA TN, kalian takkan pernah lagi berpikir secara mikro Nasional. Kalian akan mulai berpikir secara makro Nasional. Kalian akan berpikir tentang masa depan kalian, insyaAllah lebih dari SMA lain (tapi tergantung individunya juga)
Belajar kepemimpinan real di lapangan. Jika kalian bersekolah di SMA luar maka kalian hanya akan melihat bahwa yang berlatih kepemimpinan ya cuma itu-itu aja. Pasti anak OSIS, MPK, Ketua Kelas itu doank kali ya. Tapi kalo kamu masuk SMA TN maka yang kalian dapat lebih dari itu, semua siswa dituntut untuk mengaplikasikan teori kepemimpinan dalam kehidupan sehari-hari. Di SMA TN, tak ada cerita adanya Jabatan tetap (kecuali jabatan untuk Tim Ekskul dan OSIS, PK ya..) Jabatan yang dimaksud adalah Ketua Graha, Pemimpin Upacara dll. Nah, untuk jabatan-jabatan tersebut akan digilir tiap minggu. Istilahnya ga' ada siswa yang belum pernah jadi pemimpin upacara atau Ketua Kelas selama dia di SMA TN. Inilah sarana melatih kepemimpinan lapangan di SMA TN.
Sekolah akan membantu mencari kelanjutan studi. Karena kita merupakan sekolah berasrama, pastinya akses kita untuk keluar Kampus sangat dibatasi. Oleh karena itu, sekolah akan membantu dalam masalah yang satu ini. Saya jamin, SMA TN mungkin bisa dikatakan salah satu sekolah yang paling aktif untuk mencari info kelanjutan studi siswa-siswanya. Bayangkan petugas BK, setiap hari harus selalu mencari informasi terbaru, karena setiap hari juga siswa SMA TN (khususnya kelas XII) akan berdatangan ke BK untuk mencari Informasi. (Kalo ga' cari tahu ntar beritanya basi bukan, klo ga' ternyata siswa udah baca info itu udah dibaca di internet). Tapi itu semua ga' akan terjadi di SMA Taruna Nusantara. Jangan salah, alumni juga ikut membantu low... Kan kita udah jadi keluarga^^
Sebenarnya masih banyak yang ingin saya tulis di sini. Tapi tidak bijaksana juga jika saya terus tulis tanpa henti. Karena jujur banyak sebenarnya yang ingin saya tulis. Tapi tak ada gunanya juga saya tulis jika adik-adik sekalian tidak mendaftar ke SMA TN setelah membaca blog yang sederhana ini.
Ingat kata pepatah !

Mencoba lebih baik daripada tidak mencoba sama sekali...

Kalo kamu udah masuk SMA TN, kamu bakal menemukan bahwa ternyata banyak juga teman-teman kalian yang istilahnya, dulu cuma ikut-ikut dan akhirnya masuk SMA TN. Hehehe^^ Ini kenyataan. Ini mendingan, yang penting jangan pernah masuk SMA TN karena DIPAKSA !!! Masuklah SMA TN karena memang kamu sendiri yang pengen, dan aku harap tulisanku ini dapat sedikit menggugah semangat kalian untuk lanjut dan mencoba untuk daftar SMA TN.

Ehm... kenapa tak ada yang bertanya pada page ini ?
Tahukah kamu... Semakin kamu banyak bertanya maka akan semakin mengerti kamu tentang SMA TN dan semakin terbuka lebar pula jalan kamu untuk bisa lolos ke SMA TN.Tidak ada Keluarga Besar SMA TN yang istilahnya "Pelit" untuk ditanya masalah SMA TN. Kami justru senang akan ada calon keluarga baru yang akan daftar dan insya Allah akan menjadi siswa SMA TN. Jadi gak usah malu2 bertanya ya... tanya aja... nyatai aja... adminnya masih kelas 3 SMA koq dan untung aja sekolahnya di TN... gak jauh2 amat ma kalian adek2 kelas IX SMP... Kalo mau tanya nyantai aja... Silahkan..

1 komentar:

  1. kak, untuk tes akademik apakah soalnya tidak jauh jauh dari Ujian Nasional?

    BalasHapus