Selasa, 11 Maret 2014

Money in the Economy : General Equilibirum Analysis

Money in the Economy : General Equilibirum Analysis
(Risanda Alirastra Budiantoro – 12/330600/EK 18790 – Ilmu Ekonomi)

Bab ini telah memberikan dasar bagi analisis ekonomi mikro akan  permintaan dan penawaran uang serta dalam tinjauan analisis ekonomi makro dari peran uang dalam perekonomian bangsa.
Analisis bab ini adalah dengan konsep MIUF dan MIPF model. Dengan menggunakan analisis tersebut memperlakukan uang adalah barang seperti barang-barang lainnya dalam fungsi utilitas dan sebagai input seperti input lain dalam fungsi produksi. l Dalam hal ini menempatkan real balance dalam fungsi utilitas karena, untuk setiap individu tertentu dalam ekonomi moneter, kurang menyukai konsep real balance yang dianggap tidak relevan. Dasar preferensi ini tidak dianggap relevan dengan masalah yang menempatkan uang dalam fungsi utilitas, jika dianalogikan seperti layaknya rokok dan produk yang mungkin berbahaya lainnya, jika barang tersebut dibeli tidak dianggap relevan dalam memutuskan apakah akan memasukkan mereka dalam fungsi utilitas. Selanjutnya, persamaan ini menetukan apakah saldo uang secara langsung menghasilkan utilitas atau tidak, juga tidak dianggap relevan , seperti jika asumsinya kita merokok akan menimbulkan bahaya baik bagi perokok aktif maupun pasif (yang tidak merekok). Kembali ke bahasan utama maka aspek dalam pendekatan ini yang memiliki sedikit relevansi dengan utilitas mereka dan analisis permintaan. Pertimbangan serupa berlaku untuk menempatkan keseimbangan riil dalam fungsi produksi . Dalam hal apapun, bab ini juga disajikan pendekatan tidak langsung untuk menempatkan keseimbangan nyata dalam utilitas dan produksi fungsi. Sebuah pendekatan yang lebih khas yang akan membuat mereka keluar dari kedua utilitas langsung dan tidak langsung dan fungsi produksi yang ditawarkan oleh tumpang tindih generasi model.
Permintaan individu dan fungsi penawaran untuk nilai riil dari semua barang homogeneus merepresntasikan memiliki derajat nol dalam harga nominal dan nilai nominal endowment awal. Artinya, perubahan semua harga dengan nilai saldo riil kekayaan tetap konstan sehingga tidak mengubah fungsi permintaan dan penawaran bagi setiap individu. Tapi perubahan harga mutlak yang mengubah kekayaan riil individu karena bagian itu diadakan di uang dan aset keuangan lainnya, membawa efek kekayaan dalam jumlah yang diminta dari barang oleh individu dan ekonomi, dan mengubah harga relatif barang, termasuk komoditas.
Perubahan pada harga relatif pada komoditi individu akan mengubah permintaan terhadap real balance dan juga tingkat harga absolut, baik melalu efek substitusi dan efek pendapatan. Untuk individu, penentu utama permintaan terhadap real balance, seperti komoditas secara kolektif, adalah variabel skala, hal ini dianggap sebagai perubahan terhadap tingkat pendapatan atau kekayaan masyarakat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar